Serahkan DIPA 2022, Bupati : Jaga Amanah Dalam Mengelola Keuangan Negara

    Serahkan DIPA 2022, Bupati : Jaga Amanah Dalam Mengelola Keuangan Negara
    Foto bersama setelah penyerahan DIPA dan penghargaan kepada Dispermandes dan Bea dan Cukai oleh Bupati Cilacap

    Cilacap – Dana DIPA tahun 2022 harus dapat digunakan sebaik-baiknya dan jaga amanah dalam mengelola keuangan negara, agar dapat memberikan manfaat yang besar untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Cilacap.

    Hal ini disampaikan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam acara Penyerahan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) dan Penandatanganan Pakta Integritas Tahun Anggaran 2022 yang digelar di Ruang Gadri Pendopo Wijayakusuma Cakti, Selasa (14/12/2021).

     “Kepada para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) baik OPD maupun instansi vertikal kementerian atau lembaga, saya juga berpesan untuk melakukan percepatan belanja sejak DIPA diserahkan. Proses pengadaan barang dan jasa sudah bisa dimulai sebelum tahun anggaran 2022 dimulai, ” pesannya.

    Selain DIPA, Bupati juga berpesan agar penggunaan dana Desa agar dioptimalkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan percepatan penanganan kemiskinan di Kabupaten Cilacap.

    “Program BLT Desa dan program lainnya tetap dilanjutkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyararakat, ” kata Tatto.

    Tema Penyerahan DIPA tahun 2022 adalah Melanjutkan Pemulihan Ekonomi Melalui Peningkatan Harmonisasi Belanja Kementerian/Lembaga dan TKDD. Ini disampaikan Plt Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cilacap Anto Widiyatno.

    “Maka dari itu, kita harus berkolaborasi. Anggaran yang dialokasikan melalui kementerian/lembaga dan melalui pemerintah daerah melalui TKDD ini harus kita sinergikan. Yang perlu disinergikan disini adalah meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan kualitas SDM, ” ungkap Anto dalam sambutannya.

     Alokasi dana APBN tahun 2022 yang dikucurkan oleh Kabupaten Cilacap total Rp 2, 99 triliun naik sebesar 2% dibandingkan tahun 2021. Ini dibagi untuk alokasi belanja kementerian/lembaga sebesar Rp 666 milyar turun 13?ri tahun 2021 dan alokasi dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp 2, 32 triliun naik 7%.

    Penyerahan DIPA tahun 2022 diawali dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh kepala dan perwakilan kementerian/lembaga yang ada di Cilacap. Kemudian, DIPA tahun 2022 diserahkan kepada Lanal Cilacap, Polres Cilacap, Kejaksaan Negeri Cilacap, Pengadilan Negeri Cilacap, Pengadilan Agama Cilacap dan Kementerian Agama Cilacap.

    Selain itu dilakukan penyerahan penghargaan atas kinerja Dana Desa TA 2021 untuk Desa Jetis Kecamatan Nusawungu dari Bupati Cilacap kepada Kepala Dispermades dan penghargaan kinerja pelaksanaan anggaran TA 2021 untuk Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Cilacap.(**)

    Agus Mulya

    Agus Mulya

    Artikel Sebelumnya

    Kapolres Cilacap Pantau Langsung Giat Vaksin...

    Artikel Berikutnya

    Peringati HUT Ke - 22, Dharma Wanita Persatuan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali
    Dandim 1715/Yahukimo Kunjungi Koramil 1715-03/Kurima Untuk Mengecek Perencanaan dan Persiapan Renovasi Kantor Koramil Kurima
    DPR Apresiasi Jenderal Sigit Atas Penghargaan Bagi Satrio 

    Ikuti Kami