Lapas Pasir Putih Kirimkan 7 Personil Ikuti Pelatihan Khusus Teknis Pemasyarakatan yang digelar oleh Kanwil Kumham Jateng - Ditjenpas

    Lapas Pasir Putih Kirimkan 7 Personil Ikuti Pelatihan Khusus Teknis Pemasyarakatan yang digelar oleh Kanwil Kumham Jateng - Ditjenpas
    Lapas Pasir Putih Kirimkan 7 Personil Ikuti Pelatihan Khusus Teknis Pemasyarakatan yang digelar oleh Kanwil Kumham Jateng - Ditjenpas

    NUSAKAMBANGAN - Plt Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan menghadiri Pembukaan dan mengirimkan 7 Personil untuk mengikuti Pelatihan Khusus Teknis Pemasyarakatan yang digelar oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang bertempat di Aula Lapas Khusus Karanganyar Nusakambangan, sebanyak 198 Petugas Pemasyarakatan mengikuti kegiatan pada hari ini.

    Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menggelar Pelatihan Khusus Teknis Pemasyarakatan bertempat di Lapas Kelas IIA Karanganyar, Rabu (04/10).

    Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Tejo Harwanto menyebutkan Pelatihan ini merupakan wujud dari komitmen Kemenkumham untuk terus meningkatkan kualitas sistem pemasyarakatan khususnya di Jawa Tengah.

    "Dengan sistem Pemasyarakatan yang baik akan berkontribusi besar terhadap terciptanya masyarakat yang lebih aman, adil, dan beradab, " jelasnya.

    "Petugas pemasyarakatan memiliki tugas dan tanggungjawab yang banyak, antara lain pelayanan, pembinaan, pembimbingan, perawatan, pengamanan, dan pengamatan, " sambungnya.

    Dengan kompleksnya tugas dari petugas pemasyarakatan tersebut, lanjut Tejo, dibutuhkan SDM yang memiliki kompetensi dan profesionalisme yang tinggi serta dituntut juga memiliki integritas dan akuntabilitas.

    Terlebih lagi, Petugas Pemasyarakatan juga dituntut mampu melakukan sinergitas dengan aparatur penegak hukum lainnya dan masyarakat.

    "Oleh sebab itu, penguatan kompetensi dan kapasitas bagi petugas pemasyarakatan ini untuk mewujudkan manajemen pemasyarakatan yang jauh lebih baik, " pesan Kakanwil Kemenkumham Jateng.

    Sebagai penutup, Tejo berharap pelatihan kali ini dapat menumbuhkan kecerdasan dan integritas dari setiap petugas pemasyarakatan. Menurutnya, kedua poin tersebut merupakan hal yang wajib dimiliki seluruh petugas pemasyarakatan.

    "Saya berharap saudara sekalian dapat meningkatkan kecerdasan dan integritas dalam pelatihan ini. Karena dengan dua hal itu lah yang akan membawa saudara dapat menjalankan tugas dan fungsi pemasyarakatan secara maksimal, " tambahnya.

    Senada dengan Kakanwil, Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjen Pemasyarakatan Supriyanto memandang bahwa pengembangan kompetensi petugas menjadi prioritas utama yang harus dilaksanakan.    /aj

    kemenkumhamjateng
    ANJAR WAHYU KUSUMA

    ANJAR WAHYU KUSUMA

    Artikel Sebelumnya

    Kantor Imigrasi Cilacap Bentuk Desa Binaan...

    Artikel Berikutnya

    Laksanakan Litmas, PK Bapas NK Kunjungi...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Inspektorat Bakamla RI Laksanakan Pengawasan Internal di Stasiun Karangasem Bali
    Pangkogabwilhan l Pimpin Geladi Apel Gelar Kesiapan Satuan Tugas TNI-Polri  Pam VVIP Pelantikan Presiden RI 2024
    Kedepankan SOP, Lapas Besi Berikan Layanan Wartel Gratis Bagi WBP
    Bakamla RI Evaluasi Pelaksanaan Patroli “YUDHISTIRA -C”
    Partisipasi Lapas Karanganyar dalam Zoom Meeting Percepatan Data Responden Survei Peningkatan Integritas KPK di Kementerian Hukum dan HAM

    Ikuti Kami