Bupati Tekankan Pentingnya Pendidikan Politik Kepada Masyarakat

    Bupati Tekankan Pentingnya Pendidikan Politik Kepada Masyarakat
    Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji saat menjadi Narasumber Webinar Pojok Pengawasan di Kantor Bawaslu

    Cilacap – Untuk membangkitkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelaksanaan Pemilu dari tahapan, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan dan pasca pemilu, harus ada keterlibatan antara pemerintah dan masyarakat menuju pemilu yang berkualitas. Sehingga pelaksanaan Pemilu bisa berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan masalah atau polemik di masyarakat.

    Hal tersebut disampaikan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji saat menjadi narasumber dalam Webinar Pojok Pengawasan dengan tema mengoptimalkan kesadaran masyarakat dalam pengawasan partisipatif pemilu yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cilacap di Aula Bawaslu, Jum'at (25/3).

    Lebih lanjut Bupati menjelaskan, bahwa masih banyak anggota masyarakat yang tidak tahu atau tidak mau tahu terhadap aturan dalam pelaksanaan Pemilu, dengan menghalalkan segala cara untuk menang.

    “Ternyata masih banyak masyarakat yang tidak tahu terhadap pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan, disinilah peran Bawaslu untuk mensosialisasikan batasan-batasan atau rambu-rambu dalam pelaksanaan Pemilu, sehingga masyarakat semakin sadar dan semakin tau terhadap pelaksanaan pemilu” jelas Bupati.

    Bupati menambahkah, dari pengalaman pelaksanaan Pemilu yang sudah dilaksanakan, masyarakat yang menemukan kesalahan ternyata masih bingung harus lapor kemana. Ini juga perlu sosialisasi.

    “Bawaslu harus berperan terhadap pelaksanaan dengan turun ke Kecamatan-kecamatan atau desa, untuk menampung laporan dari pemilu, sehingga ada pemilu cepat dalam laporan pelaksanaan pemilu” tambah Bupati.

    Lebih penting lagi, Sosialisasi harus dilakukan lebih dini terutama kepada pemilih pemula atau calon pemilih pemula dalam hal ini adalah pelajar. Kesadaran masyarakat dalam politik harus terus ditingkatkan, sehingga masyarakat paham mengenai manfaat dari pengawasan untuk mengurangi kecurangan-kecurangan atau kesalahan yang terjadi dalam pelaksanaan Pemilu.

    Acara Webinar dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Cilacap Bachtiar Hastiarto dengan menghadirkan narasumber Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan Titi Anggraini Anggota Dewan Pembina Perludem (Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi) dengan Keynote Speaker (pembicara utama) Mochammad Afifudin (Anggota Bawaslu RI) dan dimoderatori Umi Fadilah (Anggota Bawaslu Cilacap).

    Webinar diikuti oleh 359 orang yang terdiri dari anggota Bawaslu di 35 Kabupaten/kota, organisasi kemasyarakatan, lembaga pendidikan dan OPD dilingkungan Pemkab Cilacap melalui zoom meeting. (*)

    Cilacap
    Agus Mulya

    Agus Mulya

    Artikel Sebelumnya

    Wabup : Investasi Harus Masuk Logika

    Artikel Berikutnya

    Paska Banjir, Kades Klumprit Tambal Jalan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    PERS.CO.ID: Cara Baru Bermedia!
    Penguatan Integritas dan Halal Bihalal Kemenkumham Jateng Diikuti UPT Se-Jateng
    Kemenkumham Jateng Gelar Penguatan Integritas Dan Halal Bihalal
    Halal Bihalal dan Penguatan Integritas Kemenkumham Jateng

    Ikuti Kami