Bapas NK Meriahkan Acara Donor Darah Hari Bhakti Imigrasi Ke-74

    Bapas NK Meriahkan Acara Donor Darah Hari Bhakti Imigrasi Ke-74

    Kegiatan sosial merupakan agenda yang dilakukan bersama dengan elemen masyarakat, khususnya yang berada di lingkungan sekitar. Dalam kata lain, seseorang memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu di mana yang dilakukan itu memiliki banyak manfaat dan tidak berorientasi pada keuntungan Kegiatan sosial juga memiliki bermacam-macam bentuknya seperti kerja bakti atau gerakan yang membela suatu golongan.  

    Pada hari Selasa (23/01/24) bertepatan dengan peringatan hari Bakti Imigrasi ke-74, Pulau Nusakambangan melakukan kegiatan sosial untuk sesama. Kegiatan ini berupa donor darah dengan menggandeng PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Cilacap serta berbagai Unit Pelaksana Teknis di seluruh pulau Nusakambangan. Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Wisma Sari pada pagi hari hingga siang hari. 

    Seluruh pegawai di Pulau Nusakambangan ikut serta dalam kegiatan sosial ini, tidak terkecuali para pegawai di Balai Pemasyarakatan Kelas II Nusakambangan. Pegawai Bapas Nusakambangan berangkat dari kantor setelah menyelesaikan kegiatan pagi seperti apel dan kegiatan lainnya. Dengan menggunakan sepeda motor, mereka mulai berangkat menuju Wisma Sari tempat diadakan kegiatan donor darah. Sesampainya di tempat, para pegawai Bapas Nusakamabangan mulai melakukan registrasi untuk dapat mengkuti kegiatan donor darah. 

    Setelah melakukan registrasi, para pegawai yang ikut serta mulai melakukan tes mulai dari tes tekanan darah hingga pengecekan hemoglobin. Tes ini dilakukan untuk dapat menyaring para peserta apakah kondisi mereka dapat menyumbangkan darah mereka atau tidak. Setelah dinyatakan lolos dari tes tersebut, para peserta mulai mengantri untuk mendonorkan darah mereka dengan bantuan dari PMI. Para pegawai Bapas Nusakambangan pun mulai berbaring di kasur yang telah disediakan untuk memulai pengambilan darah. Kegiatan berlangsung kurang lebih 15 hingga 30 menit untuk pengambilan darah. Setelah donor darah selesai, para pegawai Bapas Nusakambangan berisirahat sejenak sambil berbincang dengan pegawai lainnya lalu kembali ke kantor untuk melanjutkan kegiatan.

    Rifki Maulana

    Rifki Maulana

    Artikel Sebelumnya

    Litmas di Lapas High Risk, PK Bapas Nusakambangan...

    Artikel Berikutnya

    Peringati HBI ke-74, Dirpamintel Ditjenpas...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Kearifan Masyarakat Bali Sejalan dengan Semangat World Water Forum ke-10
    Para Pemimpin Negara Tiba di Bali Hadiri World Water Forum ke-10
    Menparekraf Ajak Komunitas Bali Ikut Sukseskan Pelaksanaan World Water Forum ke-10

    Ikuti Kami